Cantik Itu…

Cantik itu…

“Sebaik-baiknya perhiasan di dunia adalah wanita sholehah

Akhir-akhir ini saya sering di tanya oleh anak-anak saya,

“Pak Si Rafika cantik gak?”

“Kalo Si Siska?”

“Cantikan mana Pak, Adinda atau Siwi?’’

Pertanyaan mudah tetapi kadang saya mengalami kesulitan untuk menjawabnya. Cantik ( Beauty ) merupakan kata sifat yang dimiliki oleh para kaum hawa.  Saya coba survey pada beberapa anak laki-laki. Jawaban mereka beraneka macam kadang ada yang Nyeleneh.

Menurut Rachmat wanita cantik itu dilihat dari matanya, “kalo tatapannya fokus maka dia cantik. Selain itu memancarkan keanggunan dari dalam diri wanita tersebut.” Kalo menurut Fadhil wanita cantik itu matanya agak coklat trus di bawah mata ada tai lalat yang tidak terlalu besar( Nina Banget ). Menurut Khulqi cantik itu dari dalam, jika menurut orang lain biasa aja tetapi bagi dia sangat istimewa( Sapa hayo?).

Tiap anak kalo ditanya mempunyai argumen sendiri-sendiri. Apakah bisa di hubungkan dengan teori Relativitas Einstein? Bahwa cantik itu relatif. Bergantung pada titik acuannya.

pengertian cantik mengalami pergeseran dari waktu ke waktu. Abad ke-17 – 18 wanita dikatakan cantik kalau memiliki tubuh besar dengan “bongkahan” lemak mulai di dada, perut hingga paha. Persepsi cantik ini dipengaruhi oleh lukisan yang dihasilkan para pelukis

Di tahun 60-an, banyak wanita yang menderita anorexia akibat mendambakan tubuh ceking seperti model Twiggy. Namun, pada tahun 80-an bukan tubuh setipis papan yang dijadikan simbol kecantikan melainkan tubuh layaknya model Cindy Crawford. Bergeser ke tahun 90-an cantik diidentikkan dengan tubuh yang cukup berisi dan agak berotot seperti yang dimiliki Jennifer Lopez.

Sekarang, bagi banyak orang Indonesia yang diracuni oleh kapitalisme. Setiap hari dijejali dengan iklan pemutih kulit, obat pelangsing maupun sinetron yang dipenuhi gadis-gadis molek menggambarkan wanita cantik dengan tubuh langsing, berkulit putih, wajah tirus, alis mata melengkung, mata bulat hitam, bulu mata panjang lentik, bibir merah agak tipis, rambut lebat lurus. (Elizabeth Wahyu M.I.,Psi Psikolog Unika Soegijapranata) Selasa, 29 Maret 2005(SM)

Saya masi inget di tahun 90-an anak yang memakai kawat gigi malah di anggap cupu. Tetapi di tahun sekarang justru menambah aura kecantikan.

Apa itu cantik? Cantik itu merupakan totalitas. Tidak hanya dari fisik saja tetapi juga dari dalam. Dari dalam mungkin sulit diukur. Dari uraian di atas, kecantikan secara fisik cenderung mengalami perubahan tiap satuan waktu.Saya belum menemukan resep cantik yang baku tetapi sejak abad ke 6 sampai sekarang ada yang tidak berubah mengenai makna cantik. Yaitu mempunyai sikap yang baik. Yang kalau di nilai melebihi harga perhiasan termahal di dunia. Cantik karena akhlak memang tidak bisa dilihat secara langsung, akan tetapi bisa dilihat dari kesopanan dan baiknya dalam berbicara dan bersikap dalam pergaulan yang merupakan cerminan kepribadiannya, cara berpakaian yang sopan, atau bisa juga dilihat dalam ketaatan terhadap agamanya, dan sebagainya.

Sangat penting disadari oleh kaum hawa bahwa semua wanita cantik. Karena pada dasarnya setiap wanita memiliki kecantikan dan keunikan sendiri-sendiri.

Cobalah kenali potensi diri lalu menerima diri kita apa adanya dengan segala kekurangan dan kelebihan yang dimiliki agar semua wanita dapat menjadi cantik sebagai diri sendiri.

Menurut penulis cantik itu seperti istriku, selalu memberikan kesejukan ketika pulang, menyenangkan saat dilihat. Thanks Umi.

Hadis menyebutkan,”Sebaik-baik wanita ialah yang apabila engkau lihat, dia menggembirakanmu. Apabila engkau perintah, ia taati dan ia senantiasa memelihara dirinya dan hartamu di belakangmu.” (HR At-Tabaroni dari Abdullah bin Salam).

28 Tanggapan to “Cantik Itu…”

  1. daysan Says:

    ehmmmmm….
    yang penulis bilang tuh bener, cantik tu relatif..
    tiap orang mempunyai standar kata cantik yg berbeda-beda…
    yang terpenting menurut saya, cantik itu kalo seorang wanita punya sikap baik, taat ma agamaNya…
    gitu…

  2. Bintang Says:

    Thanks. Kecantikan Abadi ada di dalam hati

  3. OmAdi Says:

    Nice share sob.
    Smoga calon pendampingku merupakan wanita yang sholehah.
    Amin.

  4. widayanto84 Says:

    thanks sob.
    mudah2 dapet perhiasan terindah

  5. KEVIN Says:

    cihuy………..
    pak tu istrinya pa???????

  6. widayanto84 Says:

    iya. thanks dah mampir

  7. Elsa 7b Says:

    no commend

  8. aiiu 7C Says:

    yg kak khul qi tu spa ko pak?
    apa kak fira nak spizhar ya pak?tw kan?

  9. widayanto84 Says:

    Ayu@ ga tau lho, ga mau ngaku anaknya.
    Fira sih tau, cuma deket apa gana ga jelas….
    Selidiki sendiri aja

  10. niisaa d'ghotrezz Says:

    pak, itu istri.nya pak wida yaa ?
    wekaweka :”)

  11. widayanto84 Says:

    nisa@ he…he..

  12. aya greycity Says:

    bagus lho pak .. tp kok nama aya ga disebutin ? wkwk

  13. widayanto84 Says:

    aya@ thanks. Next post aja.

  14. chaca Says:

    no comment ..
    ckck

  15. Alifa permata fikri rambut sexy Says:

    Intinya ; cantik itu RELATIF kan pak?😀

  16. niisaa d'ghotrezz Says:

    cantik pak ..

  17. bintang Says:

    Ifa @ Cantik ga relatif tetapi semua wanita cantiq, tinggal bisa memperlihatkan apa tidak?

  18. rifia tiara fani Says:

    suka ini🙂

  19. Alifa permata fikri rambut sexy Says:

    Hahhaha setujuu🙂

  20. grc3 Says:

    *Standing Applause*

    Setuju banget ma Pak Wida !😉

  21. lintang Says:

    bagus banget deh pak🙂

  22. widayanto Says:

    Lintang@ trima kasih banyak tang, sering mampir ajah

  23. nadia Says:

    suka suka suka😀
    whaaaa, keren pa🙂

  24. Afrah Sari Says:

    Yang laki” ntu siapa? Pak Wida?

  25. Remo Harsono Says:

    kalo yg di poto diatas definitely cantik pak🙂

  26. Diana Shelma Says:

    keren pak😀
    kasih saran ya pak
    cantik itu…. segalanya 🙂

  27. Naflah Natasya Nika Says:

    wajah gk terlalu cantik gapapa dehh…
    yang penting setia dan baik hati😀

  28. Eka Nurul Hidayah Says:

    ya pak bener baget,
    tapi sayang kebanyakan orang di dunia ini melihat kecantikan hanya dari luarnya saja


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: