Tulis BIntang Terang Anda!

bintang terang

Saat Gajah Mada mengucapkan Sumpah Hamukti Palapa,  seorang mantan Mahapatih Arya Tadah menertawakan Gajah Mada atas visi yang diucapkannya melalui sumpah tersebut. Mahapatih Arya Tadah tidak mampu melihat visi Gajah Mada yang sangat jauh ke depan. Gajah mada menuliskan visinya dalam sebuah janji.

Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada: “Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tañjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa”.

Terjemahannya,

Beliau Gajah Mada Patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa. Ia Gajah Mada, “Jika telah mengalahkan Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa”.

Dari isi naskah Jawa Pertengahan Pararaton dapat diketahui bahwa pada masa diangkatnya Gajah Mada, sebagian wilayah Nusantara yang disebutkan pada sumpahnya belum dikuasai Majapahit. Hasilnya Kerajaan Majapahit menjadi kerajaan yang sangat besar penguasa wilayah Nusantara.

Belajar dari Gajah Mada. Saya ingin mengajukan pertanyaan sederhana kepada anda, ’apa visi hidup anda?” Dalam kehidupan pribadi, visi hidup bisa bermakna cita-cita, mimpi hidup atau bintang terang (Kubik leadership). Saya lebih senang menggunakan istilah bintang terang. Diantara tebaran bintang di langit ada beberapa bintang terang, diantara ribuan keinginan hidup anda pasti ada keinginan yang paling dominan yang benar-benar ingin anda raih dalam hidup anda, itulah bintang terang anda.

Bila anda memiliki bintang terang kehidupan anda akan lebih bergairah dan terarah. Mengapa? Karena sesuatu yang masuk ke dalam pikiran kita itu akan mempengaruhi hormon-hormon dalam tubuh anda. Hormon-hormon itu akan meningkatkan semangat dan daya juang anda.

Hal ini sejalan dengan riset yang dilakukan terhadap para lulusan MBA di Harvard Business School. Riset dilakukan pada tahun 1979 dan 1989. Pada tahun 1979, para lulusan MBA tersebut ditanya ’apakah anda telah menyusun bintang terang yang spesifik dan tertulis?’ Hasilnya, 3% menyatakan telah memiliki bintang terang yang spesifik dan tertulis. 13% menyatakan telah memiliki bintang terang tapi tidak tertulis. Sisanya, 84% menyatakan belum memiliki bintang terang.

Sepuluh tahun kemudian, 1989, periset yang dipimpin oleh Mark McCormack melakukan wawancara dengan semua responden pada tahun 1979. Hasilnya, 13% yang menyatakan punya bintang terang yang spesifik tetapi tidak tertulis, memiliki penghasilan rata-rata dua kali lipat dibandingkan dengan mereka yang 84% (belum memiliki bintang terang). Yang luar biasa, 3% para lulusan yang memiliki bintang terang dan menuliskannya memiliki penghasilan yang besarnya rata-rata 10 kali lipat dibandingkan 97% lulusan sekolah bisnis tersebut.

Memang bintang terang itu bagaikan magnet. Ia akan menarik segala sesuatu yang memiliki ’chemistry’ yang sama. Segala sesuatu yang semula tidak tampak menjadi terlihat jelas di depan mata. Peluang-peluang baru muncul dan terlihat dengan jelas. Bahkan peluang dan kesempatan ada yang datang tanpa kita undang.

Gambar di atas adalah merupakan bintang terang2 yang kita tuliskan bersama-sama di kelas fisika, saya yakin akan tercapai dalam beberapa waktu ke depan. Amin.

Yakinlah, dengan bintang terang hidup Anda akan semakin hidup. Bila mulai saat ini Anda berjuang mewujudkan bintang terang Anda, realisasinya tinggal menunggu waktu saja. Jadi renungkanlah, tuliskanlah, diskusikanlah dan ikrarkanlah bintang terang Anda.

Salam Star,

Sumber ( Wiki Pedia + Jamil Azzaini-Kubik Trainer )

Ditulis dalam motivasi. 4 Comments »

4 Tanggapan to “Tulis BIntang Terang Anda!”

  1. lutfi Says:

    q seruju bgt pak…..siiiiiip lah

  2. elvin Says:

    klas ku niih ! haha :p

  3. RYAN "GREYCITY" Says:

    ak belum nulis..:(

  4. aya Says:

    itu di apain? masa ditinggalin di kelas gitu?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: