Gerhana bulan Parsial

Sragen – Malam minggu kemaren masyarakat Indonesia bisa menikmati fenomena alam, yakni gerhana bulan sebagian atau gerhana bulan parsial.

Sabtu (26/6/2010) malam.

Gerhana bulan parsial secara utuh  terlihat pukul 17.15-19.40 WIB. Dan berakhir pukul 20.00 WIB. “Durasinya 2 jam 45 menit,” Fenomena yang luar biasa.

Foto ini menunjukkan bahwa sebagian bumi mengalami gerhana bulan. Daerah yang mengalami gerhana adalah Eropa, Asia Utara, Timur Tengah dan Amerika Utara 17 Agustus 2008. (AFP/Robert Atanasovski)

Peristiwanya hanya terjadi sekali dalam 18 tahun lebih.

Menurut astronom dari Observatorium Bosscha, Lembang, Jawa Barat, Danny Herdiwijaya, gerhana bulan sebagian tersebut termasuk dalam seri Saros. “Periode perulangan gerhana yang sama berlangsung 18 tahunan,” ujarnya, Sabtu (26/6).

Saros adalah nama astronomi yang berasal dari bahasa Yunani kuno. Dalam seri astronomi itu, kata dia, terjadi lebih dari 70 kali gerhana.

Gerhana bulan terjadi karena bulan tertutupi oleh bayangan bumi dari sorotan matahari. Menurut Hakim, gerhana bulan total selanjutnya bakal terjadi pada 21 Desember mendatang.

Oleh krn itu pada edisi ini kami mencoba menurunkan  ini utk memberikan gambaran kepada umat Islam agar mereka bisa memanfaatkan kesempatan itu dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebab munculnya gerhana tersebut memang semata-mata merupakan bukti dari kekuasaan Allah SWT. Dalil-Dalil Dianjurkannya Salat Gerhana a. Dari al-Mughirah bin Syu’bah ra berkata “Pernah terjadi gerhana matahari pada masa Rasulullah saw di saat Ibrahim meninggal lalu orang-orang saling berkata ‘Gerhana matahari terjadi krn meninggalnya Ibrahim’. Kemudian Rasulullah saw bersabda ‘Sesungguhnya matahari dan bulan adl dua tanda dari tanda-tanda kekuasaan Allah SWT tidak terjadi gerhana pada keduanya sebab kematian seseorang atau kehidupannya. Karena itu berdo’alah kepada Allah SWT dan lakukanlah salat sampai matahari itu terang kembali’.

Salam Star

2 Tanggapan to “Gerhana bulan Parsial”

  1. aya Says:

    sayang sekali saya tidak lihat😦

  2. Mochammad Says:

    Apik… apik…
    Informasi menarik. Satu lagi pengetahuanku bertambah..
    Sayang sekali aku nggak lihat. Nggak tahu informasi kalau mau ada gerhana.
    Terima kasih
    🙂 Salam,

    Mochammad
    http://mochammad4s.wordpress.com/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: