to have/ to be are you?

Terkadang sebagai manusia kita sering lupa. Orientasi dalam kehidupan kita itu apa? mari belajar dari dua kalimat berikut ini. to have / to be?

To Be adalah keinginan anda untuk “menjadi”. Keinginan itu dikaitkan dengan proses untuk mengejar prestasi dengan memanfaatkan kelebihan-kelebihan yang anda miliki. Contoh dari To Be adalah keinginan untuk menjadi pelajar sukses mampu meraih mendali emas di olimpiade fisika internasional(aw).

Cut Nyak Safira (kiri) dan Aisyah Minzikrina Masbar, pelajar SMA Teuku NyaK Arif Fatih Bilingual School Banda Aceh memperlihatkan piagam dan medali emas yang diraihnya, di Banda Aceh, Senin (16/3). Kedua siswi itu merupakan peraih medali emas bidang kimia dan biologi pada Olimpiade Proyek Penelitian Sains (ISPO) di Jakarta.

To Have adalah keinginan anda untuk “memiliki” sesuatu. Keinginan tersebut dikaitkan dengan proses meraih benda-benda materi atau hasil akhir dari sebuah usaha, sebagai bentuk dorongan dari kesenangan duniawinya. Contoh dari To Have adalah keinginan untuk mendapatkan uang saku lebih, gaji, tunjangan, fasilitas, rumah, mobil, popularitas, status, dan pujian.

Perbedaan To Be dan To Have terletak pada titik tujuan yang hendak dicapai. Bukan pada kata-kata. Misalnya ketika Anda mengatakan, ingin menjadi manajer terbaik. Pernyataan di dalam kalimat itu bisa berarti To Be, bisa juga To Have. Sangat tergantung dari apa yang menjadi fokus pengejarannya.

Bila yang Anda kejar adalah uang saku, mobil, gaji manajer, fasilitas manajer, mendapatkan pengakuan dan pujian dari banyak orang maka keinginan itu merupakan To Have. Tetapi kalau yang Anda kejar adalah kesempatan berprestasi yang lebih besar dan tanggung jawab sebagai seorang pelajar dengan mengerahkan semua kemampuan yang anda miliki maka keinginan itu merupakan To Be.

Kalau pikiran anda dijejali To Have, maka kecenderungannya adalah, setiap apa yang anda lakukan harus selalu dibalas dengan materi. Anda tidak tertantang melakukan pekerjaan-pekerjaan besar kalau tidak dibayar setimpal. Prestasi kerja anda menjadi terbatas karena anda hanya bekerja sesuai gaji yang diterima dari perusahan. Akhirnya potensi diri anda mandek dan tidak akan pernah berkembang.

Ketika anda tergoda mengejar To Have, seringkali anda tergoda untuk menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan To Have. kasus untuk mendapatkan nilai ulangan yang bagus dengan mencontek teman, catatan kecil atau buku mengotori dunia pendidikan Indonesia. Saat mendekati ujian anak baru sibuk berpusing ria belajar karena belum siap. Lalu mengambil jalan pintas. Bahkan di dunia para jaksa yang semula bersih dan memiliki integritas akhirnya harus menanggung malu, akibat godaan To Have yang menggiurkan.

Akibat orentasi hidupnya adalah To Have, para pejabat yang terlibat kasus itu hidupnya dipenuhi kegelisahan bahkan sudah ada bebrapa pelaku yang mendekam di balik jeruji. Nama baiknya ternoda. Harga diri keluarganyapun anjlok. sebagai seorang siswapun tidak akan terasa tenang dan damai setelah mendapatkan nilai bagus hasil dari kecurangan………

Namun demikian, bukan berarti To Have dilarang. Hanya saja To Have tak boleh dijadikan kemudi hidup. Bila anda ingin punya rumah dan mobil, jangan pikirkan rumah dan mobil mewahnya (To Have). Pikirkan prestasi apa yang harus anda raih (To Be) yang dengan prestasi itu anda mampu membeli rumah dan mobil.

Jadikan To Be sebagai kemudi hidup anda. M. Yunus mendirikan Grameen Bank di Bangladesh dengan harapan mampu membantu mengentaskan kemiskinan di dunia.Hasilnya, 6.6 juta lebih orang miskin sudah mendapat bantuan dengan program yang dia jalankan.

Bandingkan dengan Ramly Araby, Direktur perusahaan PT QSAR yang meroket diawal tahun 2000 ini hancur dalam waktu yang amat singkat. Penyebabnya, Ramly Araby menjadikan To Have sebagai kemudi.

Anda ingin sukses jangka panjang? Jadikan To Be sebagai kendali hidup. (Jamil Azzaini) 

Jadi apa orientasi hidup anda to have atau tobe?

Salam Star

3 Tanggapan to “to have/ to be are you?”

  1. bintang Says:

    bgus bgt bi…smga sukses bi..love u…

  2. someone in 8c Says:

    bgs bgt posting kli ini pak!!!!😀
    saya berharap pa wida terus memposting motivasi yg dpt memotivasi generasi sekarang

  3. ermy Says:

    oke juga tuh…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: