basmi virus short cut tanpa anti virus

Anda sebel sekali ketika muncul shortcut aneh di folder anda???
Kemungkinan besar komputer anda telah terinfeksi virus varian Pif/Starter. Virus ini menggenerate file/shortcut seperti (autorun.inf, Microsoft.inf dan Thumb.db).  beberapa waktu yang lalu laptop saya kena sehingga bikin setres beberapa hari..

check out

Kadang antivirus seperti AVG dan Avira pun tidak mendeteksi. Langkah-langkah berikut dapat mengatasi nya :

1. Matikan dulu proses system restore, caranya klik kanan My Computer | Properties, Pilih tab System Restore, Contreng kotak kecil Turn off System Restore all drive.

2. Matikan proses dari file Wscript yang terletak di C:\Windows\System32, dengan cara menggunakan tools seperti CProcess, HijackThis atau dapat juga menggunakan Task Manager dari Windows.

3. Setelah proses Wscript di Kill, kita harus mendelete atau me-rename file tersebut agar tidak digunakan untuk sementara oleh virus tersebut.

Notes : Jika me-rename dari file Wscript.exe tersebut dengan otomatis akan mengcopy lagi di folder tersebut. Oleh sebab itu, perlu diketahui lokasi file Wscript.exe yang lain, biasanya di C:\Windows\$NtServicePackUninstall$, C:\Windows\ServicePackFiles\i386.

Tidak seperti virus-virus VBS lainnya, kita bisa mengganti Open With dari file VBS menjadi Notepad, virus ini berextensi .mdb (file Microsoft Access). Jadi Wscript akan menjalankan file DATABASE.MDB seolah-olah dia adalah file VBS.

4. Delete file induknya yang ada di C:\Documents and Settings\\My Documents\database.mdb, agar setiap kali komputer dijalankan tidak akan me-load file tersebut. Dan jangan lupa kita buka juga MSCONFIG, disable perintah yang menjalankannya.

5. Sekarang kita akan men-delete file-file Autorun.INF. Microsoft.INF dan Thumb.db. Caranya, klik tombol START, ketik CMD, pindah ke drive yang akan dibersihkan, misalnya drive C:\, maka yang harus kita lakukan adalah:

Ketik C:\del Microsoft.inf /s, perintah ini akan men-delete semua file microsoft.inf di seluruh folder di drive C:. Sementara kalau mau pindah drive tinggal diganti nama drivenya saja contoh: D:\del Microsoft.inf /s.

Untuk file autorun.inf, ketik C:\del autorun.inf /s /ah /f, perintah akan men-delete file autorun.inf (syntax /ah /f) digunakan karena file tersebut memakai attrib RSHA, begitu juga untuk file Thumb.db lakukan juga hal yang sama.

6. Untuk men-delete file-file selain 4 file tsb, kita harus mencarinya dengan cara search file dengan ekstensi .lnk ukurannya 1 kb. Pada ‘More advanced options’ pastikan option ‘Search system folders’ dan ‘Search hidden files and folders’ keduanya telah dicentang.

Harap berhati-hati, tidak semua file shortcut / file LNK yang berukuran 1 kb adalah virus, kita dapat membedakannya dari ikon, size dan tipenya. Untuk shortcut yang diciptakan virus ikonnya selalu menggunakan icon ‘folder’, berukuran 1 kb dan bertipe ‘shortcut’. Sedangkan folder yang benar harusnya tidak memiliki ‘size’ dan tipenya adalah ‘File Folder’.

7. Fix registry yang sudah diubah oleh virus. Untuk mempercepat proses perbaikan registry salin script dibawah ini pada program ‘notepad’ kemudian simpan dengan nama ‘Repair.inf’. Jalankan file tersebut dengan cara:

– Klik kanan repair.inf
– Klik Install

[Version]
Signature=”$Chicago$”
Provider=Vaksincom Oyee

[DefaultInstall]
AddReg=UnhookRegKey
DelReg=del

[UnhookRegKey]
HKLM, Software\CLASSES\batfile\shell\open\command,,,”””%1″” %*”
HKLM, Software\CLASSES\comfile\shell\open\command,,,”””%1″” %*”
HKLM, Software\CLASSES\exefile\shell\open\command,,,”””%1″” %*”
HKLM, Software\CLASSES\piffile\shell\open\command,,,”””%1″” %*”
HKLM, Software\CLASSES\regfile\shell\open\command,,,”regedit.exe “%1″”
HKLM, Software\CLASSES\scrfile\shell\open\command,,,”””%1″” %*”
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon, Shell,0, “Explorer.exe”
HKLM, SYSTEM\ControlSet001\Control\SafeBoot, AlternateShell,0, “cmd.exe”
HKLM, SYSTEM\ControlSet002\Control\SafeBoot, AlternateShell,0, “cmd.exe”

[del]
HKLM,SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, Winupdate
HKCU,SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, explorer

15 Tanggapan to “basmi virus short cut tanpa anti virus”

  1. sedjatee Says:

    keren… artikel yang sangat bermanfaat..
    penyakit ini sering banget mampir ke kompy kita…
    salam sukses selalu, Mas Widayanto…

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

  2. Jono bin Paijo Says:

    Hufh..g jdi PERTAMAX..

  3. Jono bin Paijo Says:

    Hufh..g jadi PERTAMAX..

  4. parjono Says:

    assalamualikum pak wijayanto
    salam kenal, saya parjono di pati, terima kasih untuk artikel yang bapak tulis dan saya telah mencoba mempraktekan apa yang saya baca di sini, tetapi karena pengetahuan saya tentang komputer yang terbatas, maka saya harap pak wijayanto dapat membantu saya.
    saya telah mengcopy paste kode script yang bapak tulis, dan mensave dangan nama repair.inf dan saya install, tetapi yang terjadi, semua menu di welcome windows hilang semua, jadi ketika sesudah log on, tidak ada apa apa yang tertera di layar, tak ada menu dsb, jadi saya tidak bisa mengakses apa apa, sesudah saya install, saya tidak bisa mengakses control, dan saya log off, terus saya log on, semua menu di layar hilang.
    mohon pak wijayanto, membantu saya mengatsi problem tersebut, bagaimana uninstall repair.inf tadi dan mengembalikan setting komputer seperti semula, say tahu ini resiko yang mungkin akan di alami oleh orang yang ingin menambah pengetahuan komputer, saya harap bapak bisa membantu. ini no saya jika bapak berkenan sms
    081310426451 sebelumnya terima kasih

  5. widayanto Says:

    pak parjono@ apa yang hilang adalah icon pada desktop? kalo hanya destop tinggal klik kanan -arrange icon by-show destop icon.
    Oh ya pak, saya juga masih tahap belajar…
    saya basmi virus shorcut ini , pusingnya 2 hari 2 malam. dan sumber yang saya pake dari beberapa artikel diinternet.
    saya search tiap kasus demi kasus…
    mudah-mudahan membantu.

  6. rio Says:

    salam,dari yg sy lihat di komputer saya, wscript tidak ada pada poit 2,3(baris terakhir),dan 4 pada point 5 tidak dpt di delete. jd virus masih grogoti kompter saya.mhon bantuannya

  7. f31313y Says:

    Mantap Gan!
    Dicoba dulu nih gan!
    http://kuasbasah.blogspot.com
    tks

  8. ARGA Says:

    thank y mas widayanto… gue mw coba dulu ah… tuh virus emang nyebelin banget…

  9. Zulkarnaen Says:

    makasih atas ilmu pengalaman dan experimennya mudah-mudahan bermanfaat bagi semua yang memerlukannya

  10. kyujoong Says:

    aduh pusing pak wida panjang banget caranya.tapi nanti aku coba y

  11. dwi Says:

    mantap gan,, sekedar tambahan info silahkan agan” intip link berikut
    http://uangdownload.com/link-kategori-1/104/18075
    tentang pembasmian virus

  12. Widayanto The Star Says:

    Langsung pake smadav yang baru sudah hilang kok… jadi ga usah ribet dengan cara2 diatas

  13. asep Says:

    pak boleh minta samdavna nda yg gratis…coz virusna nybelin bnget ni

  14. maber Says:

    Nice post, untuk yang mau referensi lainnya silahkan kunjungi webblog saya di basmi virus .
    Salam mardi bravo


Tinggalkan komentar